Perbedaan Perisa dan Bumbu yang Harus Kamu Tahu!

Dalam industri makanan dan minuman, istilah perisa dan bumbu sering kali digunakan. Pemilihan perisa dan bumbu yang tepat dapat memberikan cita rasa tambahan pada produk makanan atau minuman. Akan tetapi, banyak yang keliru dan menganggap bahwa perisa dan bumbu memiliki bentuk yang sama.

Perisa

ice cream flavor vanilla
Ice cream perisa vanilla

Perisa adalah keseluruhan kesan atau sensasi yang dapat diterima oleh indra manusia terutama diperoleh dari rasa dan bau pada saat suatu produk pangan dikonsumsi. 

Pada dasarnya, perisa mencakup semua nuansa rasa yang terasa dalam satu suap atau tegukan yang mencakup elemen-elemen seperti manis, asam, asin, pahit, dan umami. Perisa memiliki bentuk yang pekat sehingga hanya ditambahkan dalam jumlah yang terbatas.

Contoh perisa dalam makanan dapat berupa kombinasi dari rempah-rempah, buah-buahan, sayuran, atau bahan-bahan lain untuk menciptakan sebuah perisa yang khas.

Bumbu

Several sets of seasoning herbs and spices
Several sets of seasoning herbs and spices

Pemilihan perisa dan bumbu yang tepat dapat memberikan cita rasa tambahan pada produk makanan atau minuman. Akan tetapi, banyak yang keliru dan menganggap bahwa perisa dan bumbu memiliki bentuk yang sama.

Bumbu adalah bumbu atau rempah-rempah yang ditambahkan ke dalam makanan untuk meningkatkan atau mengubah rasa. Bumbu dapat dibuat sesuai dengan cita rasa yang diinginkan. 

Bumbu digunakan untuk menyesuaikan dan mengoptimalkan perisa yang sudah ada dalam makanan atau minuman. Misalnya, dengan menambahkan garam, kita dapat memperkuat rasa asin dalam makanan. 

Bumbu dapat berupa garam, merica, herba, rempah-rempah kering, atau bahkan saus-saus khusus. Kenikmatan dari bumbu dapat disesuaikan dengan berbagai selera tanpa memandang letak demografis atau usia konsumen.

Pentingnya Memahami Perbedaan Perisa dan Bumbu

Memahami perbedaan antara perisa dan bumbu penting untuk menciptakan makanan dan minuman yang lezat. Oleh karena itu, perisa dan bumbu merupakan dua hal yang saling berkaitan. Perisa merupakan bagian dari bumbu. Penambahan perisa pada bumbu berfungsi untuk meningkatkan aroma.

Jika kamu ingin menciptakan perisa untuk industri makanan atau minumanmu, kamu dapat menghubungi Falmont Company yang dapat meracik rasa sesuai dengan keinginanmu.

Posted on:
Flavors
Feb 05, 2024 / 1 min read
Falmont Flavors
Falmont offers remarkable flavor products, research, and technologies that meet industry standards.